Monday, February 9, 2015

Daun Salam Obat Herbal Asam Urat



Gambar Asam urat di persendian jari kaki
Asam urat sekarang ini telah menjadi penyakit yang banyak dijumpai pada berbagai usia. Biasanya dijumpai pada orang yang senang "makan enak" seperti jeroan, daging kambing, bebek, dan lainnya padahal salah satu pantangan penderita asam urat adalah jeroan ( hati, usus, babat, dll) selain kacang-kacangan seperti kacang kedelai, tauge, oncom, dll 
Asam urat biasanya menyerang persendian; mulai dari persendian jari tangan dan kaki, kadang juga ditemui juga penderita yang merasakan di bagian tumit dan lutut. Jika sudah parah penderita asama urat bahkan hanya bisa berbaring di tempat tidur saja karena sakit yang dirasakan di semua persendian.  

Kadar asam urat normal adalah 3,5 - 7 mg/dl ( laki-laki ) dan 2,6 - 6 mg/dl ( wanita ). Untuk memastikan kadar asam urat diperlukan tes laboratorium. Biasanya dokter akan memberikan resep berupa obat anti inflamasi untuk mengurangi bengkak yang timbul. Agar tidak tergantung obat dokter adalah daun salam salah satu obat tradisional yang mungkin dapat dicoba untuk dikonsumsi sebagai obat asam urat.

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagaiIndonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum.(wikipedia)
Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah. (wikipedia)

Cara membuat ramuan : Rebus 10 - 15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum 2 x sehari masing-masing 1/2 gelas. 



No comments:

Post a Comment