Saturday, June 18, 2011

CARA ALAMI AWET MUDA..

Setiap manusia pasti mengalami siklus penuaan, tetapi sebagian besar pasti meskipun dengan sadar - menginginkan untuk selalu muda / tak pernah tua..terutama kaum wanita. Mereka ingin selalu terlihat muda dengan kulit kencang dan selalu segar..manusiawi memang, untuk itu dengan rela mereka merogoh isi dompet untuk membiayai operasi plastik, suntik vitamin dan sebagainya. Mahal bukan?? Bagi mereka yang berduit pasti tidak masalah, tapi bagi yang berdompet pas-pasan, adakah cara yang murah meriah (tanpa perlu biaya mahal) untuk awet muda?? berikut mungkin salah satu solusinya..

Kulit yang kencang dan segar jauh dari keriput sangat memerlukan vitamin A, C serta asam folat. Vitamin-vitamin ini banyak terkandung dalam sayuran hijau yang ada di sekitar kita dan mungkin kita konsumsi setiap hari, salah satunya adalah BAYAM.

Bayam, kaya akan vitamin A, C serta asam folat. Gizinya sangat tinggi dengan asumsi dalam setiap 100 gram bayam mengandung protein 3,5 g, lemak 0,5 g, karbohidrat 6,5 g, kalsium 267 g, besi 3,9 mg dan serat 0,8 g. Selain itu bayam mengandung karotenoid. Dalam hal mencegah penuaan karotenoid sangat berperan penting karena bekerja untuk menetralisir radikal bebas pada kulit sehingga kulit akan tetap segar, bebas kerutan.

Untuk mengolah sayur bayam, Jill Nussinow seorang ahli gizi dan penulis buku The Veggie Queen menyarankan agar sayuran ini baru dimasukkan ke dalam panci setelah air mendidih dan segera diangkat. Daunnya juga bisa dimakan mentah sebagai salad.

Bayam bermanfaat tapi juga dapat menjadi racun untuk tubuh kita jika cara memasaknya salah. Agar terhindar dari racun , perhatikan hal-hal berikut :
1. Jangan dipanaskan ulang
Bayam banyak mengandung zat besi yang bermanfaat bagi tubuh, namun jika dipanaskan ulang akan terjadi proses oksidasi dan Fe2+ akan berubah menjadi Fe3+ atau senyawa ferri yang beracun.

2. Segera dimakan setelah dimasak
bayam juga mengandung nitrat (NO3) tetapi jika terlalu lama bersentuhan dengan udara maka akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau dan beracun.

3. Pilih bayam yang segar
Jika bayam disimpan terlalu lama dalam lemari es selama 2 minggu, kadar nitrit dalam bayam akan meningkat sampai 300 mg per kg.

4. Gunakan panci "stainless steel"
jika memakai selain panci stainless steel senyawa ferro akan bereaksi bahan panci atau alumunium.

No comments:

Post a Comment