Friday, July 8, 2011

TEMPE... Makanan Rakyat Kaya Manfaat..

Seperti kita ketahui TEMPE adalah Makanan rakyat Indonesia kebanyakan, yang mungkin menjangkau semua kalangan. TEMPE merupakan pangan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Proses fermentasi membuat kadar asam amino, asam lemak, dan isoflavon pada tempe jauh lebih tinggi dibanding kedelai. Terus terang saja hampir tiap hari di meja makan saya selalu terhidang makanan berbahan baku tempe. Rasa TEMPE ?? Maknyuusss lah .., mau diolah apapun enak saja di lidah saya yang WONG DESO.. :)

Dan ternyata selain rasanya yang menurut saya MAKNYUUUS itu.. TEMPE terbukti banyak manfaatnya.. karena berdasarkan penelitian Prof.dr.Made Astawan guru besar IPB , TEMPE mengandung banyak zat anti bakteri penyebab diare. Selain itu TEMPE juga berpotensi untuk melawan radikal bebas untuk menghambat proses pencernaan dan mencegah berbagai macam penyakit, menurunkan kolesterol serta mengatasi hipertensi.

Kandungan serat dalam TEMPE cukup tinggi yaitu sekitar 8 - 10 persen.Hal ini berarti dalam setiap 100 gram TEMPE akan menyumbang sekitar 30 persendari jumlah serat yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Prof Made menyebutkan bahwa balita yang terkena gizi buruk mengalami pertumbuhan berat badan secara signifikan setelah mengkonsumsi TEMPE. Balita yang menderita diare juga lebih cepat sembuh setelah mengkonsumsi TEMPE. Konsumsi TEMPE 150 gram setiap hari selama 2 minggu terbukti bisa menurunkan kolesterol total.

Makanya YUK BIASAKAN MAKAN TEMPE SETIAP HARI !!! :)

No comments:

Post a Comment