Monday, July 25, 2011

Apasaja manfat Ketimun ??

Ketimun sangat mudah ditemui di sekitar kita, biasa dimakan sebagai lalapan dg dicolek sambel trasi atau dibikin jus segar.. Satu buah ketimun segar, umumnya mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat. Selain itu ketimun juga mengandung zat bermanfaat lainnya, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Ternyata timun sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, baik untuk sakit ringan maupun sakit yang tergolong berat. Berikut beberapa manfaat ketimun yg perlu diketahui ;
1. Dapat mengobati cacingan
Biji ketimun diketahui mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati penyakit cacingan.
2. Meredakan radang tenggorokan
Caranya, cukup dengan mencampurkan biji ketimun dengan sedikit garam dan dikumur selama beberapa kali sehari.
3. Untuk mengompres saat Anda atau anak Anda demam
Tak perlu menambahkan es, karena buah ketimun sudah memberikan rasa dingin yang dibutuhkan untuk mendinginkan tubuh yang panas akibat demam.Ketimun secukupnya dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diletakkan di atas perut.
4. Merawat kulit dari kudis.
Selain melembabkan, ketimun membantu kulit menjadi halus dan mulus.
5. Mengurangi tekanan darah tinggi
Dua buah ketimun segar dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.
6. Mengobati sariawan
Makan buah ketimun mentah sebagai camilan, lakukan secara rutin setiap hari.
7. Mengatasi bengkak di sekitar mata
Mata bengkak karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Caranya, iris tipis ketimun dan taruhlah di kedua mata,lakukan sambil berbaring selama 15 menit. Lalu bilas.
8. Mengobati Jerawat yang membandel
Buah ketimun dicuci lalu diiris-iris. lrisan ketimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang berjerawat. Lakukan setiap hari.
9. Membersihkan ginjal
Ketimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan ketimun.
Moga infonya manfaat Yaa... :)

No comments:

Post a Comment