Monday, February 27, 2012

Tips meminimalkan miskomunikasi...

Sebenarnya apa sih miskomunikasi itu? "dia" bisa dengan sukses membuat seseorang bertengkar hebat bahkan saling mendiamkan sampai bertahun-tahun, bukankah itu sangat merugikan? Bahkan karena miskomunikasi antara copilot dan petugas kendali juga telah menyebabkan pesawat terbang saling bertabrakan dan menewaskan 349 orang di New Delhi,India pada 12 November 1996. Sebegitu fatalnya sehingga peristiwa tabrakan dua pesawat komersial tersebut dianggap sebagai tabrakan pesawat terbang paling tragis. Dari peristiwa itu, dapat disimpulkan bahwa komunikasi sangatlah penting untuk dipelajari dan dicermati sehingga mungkin tidak akan ada lagi miskomunikasi yang berdampak seperti peristiwa di atas. Miskomunikasi biasa terjadi saat penerima pesan salah mengartikan pesan yang diterimanya dari pemberi pesan.

Sehingga yang sering terjadi adalah si pemberi pesan mempunyai maksud tersendiri dan si penerima pesan mempunyai maksud tersendiri dalam benaknya dan terjadilah apa yang dinamakan Miskomunikasi. Miskomunikasi biasanya terjadi karena adanya perbedaan faktor pengetahuan dan bahasa. Mungkin beberapa tips berikut dapat menghindarkan kita dari miskomunikasi, diantaranya : 1). Hargai lawan bicara Menghargai dan menghormati lawan bicara akan membuat kita cenderung berhati-hati dalam memilih kata dan mengungkapkannya. 2). Empati Berusahalah agar memiliki apa yang dinamakan empati. Dan salah satu caranya, kita perlu banyak mendengarkan dan memahami terlebih dahulu maksud dari lawan bicara kita. 3). Jelas dan transparan Usahakan pesan yang kita sampaikan jelas, transparan dan dapat dimengerti sehingga tidak menimbulkan multi-interpretasi atau salah tafsir. Ingat, pemilihan bahasa dan kata sangat penting disini. Tips di atas mungkin dapat sedikit meminimalkan miskomunikasi ya... semoga bermanfaat.. aamiin Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2267318-tips-menghindari-miskomunikasi/#ixzz1ndAqQ1D7

No comments:

Post a Comment