Saturday, March 31, 2012

Sekilas tentang INSOMNIA..

            Sebagian besar orang dapat dengan mudah tertidur dimanapun hanya dengan sedikit merebahkan tubuh serta memejamkan mata beberapa detik saja. Nikmat bukan? Ya, dan memang tidur sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk mengembalikan stamina setelah seharian beraktivitas. Tetapi ada sebagian orang yang sangat sulit untuk tertidur meskipun telah berbaring di kasur yang empuk dan telah mencoba memejamkan mata berjam-jam. Gangguan tidur ini dinamakan INSOMNIA
        Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur / mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. 
          
Insomnia ini ada 3 macam; 
  1. Initial insomnia, pada initial insomnia, seseorang akan mengalami gangguan tidur saat memasuki waktu tidur , 
  2. Middle insomnia,yaitu seseorang yang mengalami gangguan tidur berupa terbangun di tengah malam & sulit untuk tidur lagi. 
  3. Late insomnia, seseorang yang sering mengalami gangguan tidur saat bangun pagi. 
Insomnia memiliki banyak faktor penyebab, bisa disebabkan karena hormonal, obat-obatan maupun kejiwaan. 
            Faktor luar juga sangat mempengaruhi seseorang untuk mengalami insomnia, bisa berupa tekanan batin yang tak dirasa, suasana kamar tidur yang tidak nyaman atau mungkin karena perubahan waktu jam kerja yang biasanya kerja di siang hari menjadi kerja di waktu malam hari. Hal ini akan menimbulkan insomnia karena tubuh juga harus beradaptasi lagi dengan menyesuaikan jam tidur dengan perubahan jam kerja malam. Beberapa minuman seperti teh dan kopi juga dapat menjadi penyebab seseorang susah tidur karena tein dan kafein yang terkandung didalamnya. Beberapa obat pengurus badan yang mengandung amfetamin juga dikatakan dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Tetapi sebenarnya penyebab utama dari insomnia adalah permasalahan emosional, kognitif dan fisiologis. 
                Insomnia dapat diatasi dengan obat yang berfungsi sebagai penenang dan terapi (hipnoterapi). Dibanding pemakaian obat-obatan, sangat dianjurkan untuk lebih memilih hipnoterapi sebagai solusi. Ini karena dikhawatirkan dengan pemakaian obat agar seseorang dapat tidur akan membuat efek ketergantungan berupa anggapan bahwa dia hanya bisa tidur jika telah mengkonsumsi obat tersebut. 

             Berikut beberapa TIPS MENGHINDARI INSOMNIA : 
  1. Jangan makan malam terlalu kenyang, usahakan makan malam di bawah jam 19.00 sehingga kita tidak tidur dalam keadaan perut penuh. 
  2. Kurangi kegiatan yang menyita pikiran saat menjelang tidur 
  3. Matikan lampu kamar sehingga cahaya kamar hanya redup dan usahakan bersiap tidur saat jam 22.30 
  4. Mandi air panas sejam sebelum tidur dan gunakan aroma terapi yang bersifat menenangkan 
  5. Minum susu hangat sebelum tidur 
  6. Jangan minum teh atau kopi saat akan tidur 
  7. Cobalah untuk menghindari tidur siang 
  8. Buatlah suasana tempat tidur senyaman mungkin dan hindari meletakkan TV di dalam kamar tidur. 

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/health/2278733-tentang-insomnia/#ixzz1qhDXY4Vt

No comments:

Post a Comment